Putu Mayang yang Hilang Entah Ke Mana

26 Mar

UHAMKA – KIlikilik, Pernah denger kue putu mayang? Kue yang mempunyai bentuk mirip mie ini adalah makanan khas daerah Melayu yang dulunya banyak digemari oleh masyarakat Pulau Penyengat (Tanjung Pinang).

Sekarang jarang banget kita nemuin kue putu mayang di daerah kita. Makanan tradisional ini udah jarang dijual di pasar tradisional, warung, ataupun toko-toko kue, khususnya di daerah Jakarta. Kata sebagian para pedagang kue tradisional sih, kue putu mayang udah berkurang peminatnya. Mungkin karena banyaknya kue modern yang bemunculan saat ini, ngebuat kue tradisional kaya putu mayang jadi hilang. Kalau pun ada itu cuma satu atau dua penjual yang bisa kita temuin.

Buat lo semua yang kangen sama kue ini atau belum pernah nyobain sama sekali kue ini diluaran, lo semua bisa bikin sendiri loooh. Caranya gampang banget kok. Siapin bahan dasarnya berupa, tepung beras, air, garam dan pewarna makanan sesuai selera lo.

Kue ini emang gak bakal enak kalo gak pake kuah, jadi lo bisa nambahin kuah dengan nyiapin santan 1 liter dari 1 butir kelapa, daun pandan wangi, garam secukupnya dan gula merah.

Proses bikinnya yang pertama, percikin tepung beras pakai air. Bungkus tepung pakai kain tipis. Panasin pengukus, terus kukus tepung selama 10 menit. Lalu angkat. Tuangin tepung pakai air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk sampe rata. Selanjutnya, bagi adonan jadi tiga bagian, dan campur adonan-adonan tadi dengan pewarna sesuai selera lo. Masukin adonan tadi kedalem cetakan petulo, tekan sampe adonan keluar secukupnya. Terus diangkat lagi. Alasin tiap kue pakai daun pisang. Selanjutnya panasin panic pengukus, kukus adonan sampe mateng kurang lebih 15 menit. Buat kuahnya, lo tinggal campur semua bahan, rebus di atas api sambil terus diaduk sampe mendidih. Daaaaan taraaaaaaaaa, putu mayangsiap di santaaaaaap..

Ya, seharusnya kita emang ngelestariin kue-kue tradisional yang ada di Indonesia, terutama kue putu mayang, karena selain rasanya yang legit dengan aroma daun pandan yang harum bikin kue ini masih banyak yang nyari sampai sekarang. Enak dimakan dingin atau hangat dan cara bikinnya juga sederhana banget. (Berbagai Sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: