Staples dari Abad 18

1 Apr

UHAMKA – Kilikilik, Siapa sih yang gak butuh benda ini? Mungkin Cuma anak bayi yang gak butuh benda ini.

Bentuknya yang kecil gak ada apa-apanya sama fungsinya yang besar banget..

Staples fansnya berasal dari banyak kalangan..

Dari anak SD sampe orang kantoran butuh benda ini.. Fungsinya dasarnya sih supaya kertas atau file yang kita punya ga brantakan kemana-mana, dan bisa jadi satu semua..

Lain halnya buat si abang nasi goreng,  abang gado-gado, abang asinan, abang rujak dan abang-abang makanan  lain, staples berguna buat bungkus si makanannya.. Staples jadi lebih mudah ketimbang karet..

Staples juga berguna banget loh buat Tabloid sama katalog.. Fungsinya supaya gak lepas-lepas si tabloid atau katalog.. Jadinya kertas tabloid atau si katalognya di staples deh..

Mungkin hal-hal yang kita tulis di atas udah pengetahuan umum banget.. Tapi pernah enggak sih kita pengen tau sejarahnya si staples??

Nah disini kita mau coba kasih infromasi tentang si staples ini..

Staples udah muncul dari abad ke 18.. Menurut legenda mesin staples yang dioperasikan sama tangan itu udah ada dari tahun 1700-an (haduuuh tua bener ya si staples.. kalo masih idup pasti udah bangkotan banget tuh :P) uniknya di setiap staples di kasih lambang kerajaan loh..

Seiring berjalannya waktu kegunaan kertas semakin luas di abad ke 19.. sampe-sampe staples makin laris waktu itu.. Nah si abang Samuel Slocum membuat alat penjilid modern tanggal 30 September  1841. Tapi alat ini bentuknya belum bisa dibilang staples. Soalnya bentuknya itu semacem paku yang gunanya untuk menyatukan kertas dalam jumlah yang banyak..

Tanggal 7 Agustus  1866 lahir alat yang dipatenkan sama perusahaan Patent Novelty Mfg Co. alat ini namanya Novelty Paper  Fastener (namanya keren beneeer yak). Berhubung waktu itu perkembangan teknologi belum canggih-canggih amat jadi alat ini Cuma bisa diisi satu staples.  Tapi alat ini udah bisa jilid buku sama kertas loooh..

Tanggal 24 Juli 1866 si abang George W. McGill bikin teroboson baru dalam dunia perstaplesan nih..  Abang George dapet U.S Patent untuk prototype isi staples modern. Yaitu penyatu kertas dari kuningan yang bisa dibengkokin. Prestasi abang George gak berhenti distu aja.. 13 Agustus 1967, abang George dapet U.S Patent lagi untuk alat tekan yang bisa masukin isi staples ke dalam kertas. Bukti kecintaan si abang George gak berhenti sampe disini aja.. Abang George terus ngembangin teknologi staples.. Ngapain aja?  Tanggal 18 Februari 1879 abang George dapet hak paten lagi untuk alat tekan masukin isi staples yang namanya McGill Single-Stroke Staples Press (lagi-lagi namanya keren :p) alat ini berat nya sampai 1.1 Kg looh.. alat ini diisi dengan satu staples ukuran ½ inci.

Nah cukup segini dulu nih informasi tentang staples yang bisa kita kasih.. Tapi nanti kita bakalan update lagi kok tentang perjalanan hidup si staples 😀

(Berbagai Sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: