Pentingnya Si Kecil Peniti

3 Apr

Uhamka – Kilikilik, Peniti? Kenapa emangnya sama peniti? yaa, sebagian dari lo semua pasti suka lupa sama fungsi penting dari benda kecil ini kan? dan suka dianggep “nggak penting-penting amat”..

Padahal peniti adalah teman baik yang emang sering kita lupain. Peniti dibikin buat ngaitin atau ngegabungin sesuatu yang berbahan kain..

Buat perempuan peniti emang lebih sering nempel di kebaya dan di jilbab, karena keduanya memang identik sama perempuan. selain itu peniti juga bisa jadi pengganti kancing di baju yang kancingnya udah nggak ada, nambahin aksesoris para Punker biar keliatan makin gahar atau bahkan orang-orang dipinggiran sering pake peniti buat nyongkel kotoran kuping pengganti cutton bud hehehe..

Nah, sekarang pernah nggak terlintas dalam pikiran lo, muncul dari ide kreatif siapa sih peniti itu?

Walter Hunt, si pembuat peniti asal Winchester, Amerika Serikat. Penemuan ini diciptain sekitar tahun 1849, dilatar belakangi sama tekanan untuk bayar hutang 15 dollar sama temennya. Bareng saudara laki-lakinya Hiram Hunt, ia merintis bidang jasa pemintalan wol. tapi, bisnis itu nggak berlangsung karena Hunt bersaudara mengalami kerugian yang besar..

Walaupun dia sibuk sama pekerjaannya, Hunt yang juga jago banget di bidang mekanik ini sempet nyiptain beberapa barang yang berguna buat kepentingan publik looh, di antaranya ada alat pemintal benang, alat ngasah pisau, bel buat mobil jalanan, tungku pembakar batubara, batu buatan, mesin pembersih jalan, pengeruk es dan mesin pembuat surat. Tapi sayangnya, hasil temuannya ini nggak membantu ningkatin perekonomian keluarganya..

Suatu ketika, Hunt lagi memilin potongan kabel, dan ini awal mulanya dia nyiptain sebuah peniti. Pada waktu itu peniti dipake buat alat bantu untuk menyematkan kain tanpa kancing. Bahkan, peniti ini biasanya dipake buat ngaitin celana sama baju yang dipake pemuda buat baju kerja mereka..

Supaya nggak ditiru sama oang lain, Hunt memantenkan peniti ciptaannya Pada 10 April 1849. Sampe di kemudian hari, hak paten itu dia jual cuma dengan harga 400 dollar!! padahal dengan penemuan itu harusnya dia bisa ngedapetin miliaran dollar..

Coba deh bayangin kalo nggak peniti, repot banget pastinya kan? Seorang Walter Hunt berhasil nemuin dan nyiptain peniti yang simpel , sederhana dan aman banget digunain..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: