Cemilan Manis yang Legit

15 Apr

Uhamka – Kilikilik, Gemblong. itu dia namanya. Gemblong itu makanan khas tradisional bangsa kita looh. Makanan ini dibuat dari tepung beras ketan yang digoreng, dibentuk bulet bulet dan kalo udah dingin diselimutiin sama gula merah yang udah dicairiiin. Kenapa ya cemilan manis ini bisa dinamain gemblong? Mungkin karena bentuknya kali yah, tapi gapapa. Gemblong tetep enek dan lezat kok..

Nah dimana sih kita bisa nemuin gemblong? Maklum jajanan tradisional kan makin lama makin terjajah sama makanan masa kini. Pasar Mayestik, pasar ini adalah salah satu penyedia gemblong yang murah, enak, dan legiiit banget. Terkenal dengan panggilannya “gemblong si manis”..

Buat lo semua, yang belum pernah nyobain gemblong mesti  cobain deh, karena pasti bakalan ketagihan sama manis gula jawanya. Meski nama kue gemblong terdengar cukup aneh dan pastinya gak sekeren  makanan-makanan modern yang ada sekarang ini, tapi kita patut bangga, karena kue ini juga yang bikin Indonesia kaya dengan jajanan kuliner tradisionalnya..

Dengan kita ngebeli kue gemblong kita juga bisa bantu-bantu ngelestariin kue ini supaya nggak punah loooh, dan pastinya ngebantu para pedagang kue tradisional nikmatin rezekinya. Jangan cuma beli jajanan mahal dan modern aja, tapi coba deh beli  jajanan tradisional dari pedagang keliling atau dipasar tradisional..

Mau nyoba bikin sendiri? Nggak masalah. Gampang bikinnya, Murah bahannya, dijamin pasti gemblong buatan lo semua enak dan lezat deh!

Bahan-bahannya itu 1 sdt garam, minyak seperlunya,  400 gr tepung ketan putih, 200 gr kelapa parut kasar,  250 ml santen hangat, Air 300 ml, 4 daun pandan yang disimpulkan, 2oo gr gula pasir,  sama 200 gr  gula merah yang sudah disisir
Selanjutnya, bahan-bahan tadi mulai kita masak..

Campurin garam, tepung ketan putih, kelapa parut, terus diaduk aduk sampai merata semuanya. masukin secara bertahap santen sambil diulenin sampe kalis. kalo udah kalis, ambil sedikit adonan dibentuk mirip kue gemblong. kalo udah selesai, panasin minyak , kalo udah panas minyaknya, kita masukin deh adonan-adonan tadi yang udah kita bentuk kayak gemblong tadi. Setelah siap digoreng, diangkat deh..

Abis itu panasin air, masukin daun pandang, gula pasir, gula merah sambil diaduk sampe  kental dan ngeluarin busa.. abis itu masukin si gemblong. Diaduk terus sampe semua bumbu nyelimutiin si gemblong. Abis itu matiin kompor. Lanjutin ngaduk sampe semua bagian kering dan dilapisiin sama gula..

Abis itu angkaaat deh dan siap untuk disantap. Yiiipiiii..

Selamat mencoba yaaaa..

(Berbagai Sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: