Archive | Indonesian Culinary RSS feed for this section

Cemilan Manis yang Legit

15 Apr

Uhamka – Kilikilik, Gemblong. itu dia namanya. Gemblong itu makanan khas tradisional bangsa kita looh. Makanan ini dibuat dari tepung beras ketan yang digoreng, dibentuk bulet bulet dan kalo udah dingin diselimutiin sama gula merah yang udah dicairiiin. Kenapa ya cemilan manis ini bisa dinamain gemblong? Mungkin karena bentuknya kali yah, tapi gapapa. Gemblong tetep enek dan lezat kok..

Continue reading

Putu Mayang yang Hilang Entah Ke Mana

26 Mar

UHAMKA – KIlikilik, Pernah denger kue putu mayang? Kue yang mempunyai bentuk mirip mie ini adalah makanan khas daerah Melayu yang dulunya banyak digemari oleh masyarakat Pulau Penyengat (Tanjung Pinang).

Sekarang jarang banget kita nemuin kue putu mayang di daerah kita. Makanan tradisional ini udah jarang dijual di pasar tradisional, warung, ataupun toko-toko kue, khususnya di daerah Jakarta. Kata sebagian para pedagang kue tradisional sih, kue putu mayang udah berkurang peminatnya. Mungkin karena banyaknya kue modern yang bemunculan saat ini, ngebuat kue tradisional kaya putu mayang jadi hilang. Kalau pun ada itu cuma satu atau dua penjual yang bisa kita temuin.

Continue reading

Musyawarah dan Mufakat dalam Rendang

18 Mar

Uhamka – Kilikilik, Cita rasa pedasnya bikin rendang digemari banyak masyarakat. Ga cuma seantero tanah air, rendang populer sampai ke belahan dunia Eropa dan Amerika. Buktinya, rendang bisa masuk ke dalam 50 makanan terenak di dunia versi pembaca CNN, dan dapat memenangkannya. Rendang mengalahkan sushi dari Jepang dan tom yang goong dari Thailand. Hal ini ternyata terjadi berkat budaya suku Minangkabau yang suka merantau dan menyebar untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Orang-orang dari suku Minangkabau bekerja dan berwirausaha, salah satunya ya berwirausaha warung nasi Padang. Itu sebabnya kenapa dimana-mana banyak banget warung nasi padang.

Continue reading